Berapa Waktu yang Dibutuhkan untuk Mendata Buku ke Website

Menginput data koleksi buku ke web perpustakaan, dapat menghabiskan banyak waktu. Apalagi, jika diselingi dengan kegiatan lain, sepeti bermain hp, melihat youtube, atau mengerjakan tugas dari atasan. Setelah satu tahun admin mencanangkan program open access library, admin belum berhasil mendata koleksi perpustakaan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng. Bukan karena koleksinya banyak, hanya 1500-an. Tapi, karena tidak fokus, mudah bosan, dan terlalu idealis.

Hari ini, admin iseng mengevaluasi diri. Berapa sih waktu yang admin butuhkan untuk memasukkan data buku ke dalam web slims ini? Admin pun mengecek history pencatatan setiap eksemplar buku pada menu  BIBLIOGRAPHY > EKSEMPLAR > DAFTAR EKSEMPLAR.

Pada awalnya, admin mencatatkan waktu 3,3,10,4,3,5,10. Dalam 38 menit, admin hanya mampu menginput 7 judul buku. Berarti, rata-ratanya adalah 5,42 menit per buku. sedangkan untuk menambah jumlah jilid, admin butuh waktu 3 menit. Kalau admin terus menginput selama 8 jam per hari, maka admin butuh waktu 8.130 menit untuk menyelesaikan 1500 buku. Itu sama dengan 135,5 jam alias 17 hari kerja 8 jam tanpa henti.  Lho, kok admin belum menyelesaikannya? What I have done selama ini? (main hp, main internet, menata ulang perpustakaan tiga atau empat kali, bikin proposal bantuan yang biasa saja, belajar install slims, belajar mengoprasikannya, mencari data slim lama yang hilang, membuat web jurnal, belajar workflow jurnal, belajar koding webnya, bikin vidio dengan powerpoint, piket jaga di idaroh dll) Ini tidak ada apa-apanya sih dengan tugas orang-orang struktural yang lain. Mereka kekurangan orang untuk mengerjakan tugas. Oh, kemudian perpustakaan belum kondusif karena juga harus dipakai kuliah. Saya senang sih karena juga dapat ilmu.

Ok, balik ke pencatatan katalog buku online. Sekarang, Waktu yang dibutuhkan untuk menginput satu buku ke web adalah dua sampai tiga menit. Karena, admin tidak mengisi semua data dan karena sudah agak tahu triknya.

Ok begitu saja. trik dan tips tentang slims semoga bisa dibagi di web ini pada kesempatan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *