Konflik yang terjadi antara Gus Syamsudin dan pesulap merah menjadi berbuntut panjang. Seorang ustad muncul, berniat menjadi penguat atas hal-hal yang telah disampaikan oleh pesulap merah kepada khalayak luas.
Namun sayangnya, di tengah pembelaanya itu, sang ustadz mengeluatkan statement yang cukup membuat kaget banyak orang. Beliau mengtakan bahwa kitab-kitab karangan Syech Ahmad Ali al-Buni: Syamsul Ma;arif, Manba; Ushulul Hikmah yang notabene merupakan kitab thihb (kitab pengobatan) dan telah umum dikaji di pesantren-pesantren salaf adalah kitab sihir dan haram dipelajari.
lantas benarkah demikian?
Klaim hukum haram dalam mempelajari ilmu thib terkesan sangat terburu-buru. Kalaupun dipaksa untuk dihukumi haram, maka bisa dikatakan bahwa hukum haram tidaklah mutlak, namun patut diperinci (tafsil).
Menurut hemat kami mempelajari ilmu thib tidaklah haram, tentu dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.
1. Pengamal Ilmu thib haruslah orang yang paham dan ahli syariat.
ومن أقسام السحر الإستعانة بالأرواح الأرضية بواسطة الرياضة وقراءة العزائم إلى حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جري العادة بعض خوارق إلى أن قال – ثم التحقيق أن يقال إن كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا في كامل ما يأتي وبدر وكان من يستعين به من الارواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعي على أحد فليس ذلك من السحر بل من الاسرار والمعونة . إه
Dalam Kitab Sab’ah Kutub Mufidah dijelaskan bahwa, jika pengamal wifiq, azimat dan doa-doa merupakan sosok yang baik serta taat dengan syariat maka ilmu itu bukanlah ilmu sihir, melainkan ilmu asrar dan maunah yang tentunya akan membawa maslahat kepada banyak orang.
Oleh karena itu di pesatren salaf, walaupun marak pengajian ilmu thib, tidak semua santri diperbolehkan untuk mengikuti pengajian. Hanya santri yang dianggap sudah layaklah yang dapat mengikuti pengajian. Tentu dengan berbagai klasifikasinya.
2. Digunakan untuk kemaslahatan
والسحر يقع به تغییر احوال كتغيير حال الشخص من الصحة للمرض وصفات وقلب حقائق كقلب الإنسان حمارا ار تمساحار فإن وقع ماذكر بأيات قرأنية أو اسماء الهية فظاهر أن ذلك ليس بكفر لأنه ليس بسحر وإن حصل بها مايحصل بالسحر لكنه يحرم إن أدى إلى عداوة أي بين الزوجين االصديقين مثلا وفرقة بينهما أو ضرر في نفس, (قوله إن أدى إلى عداوة) أنه إن أدي العطف أو محبة بين الزوجين ونحوهما فلاحرمة فيه . إه
Dijelaskan dalam Khasiah Dasuqi bahwa, status keharaman Ilmu thib bergantung pada digunakan untuk apa ilmu tersebut.
karena ilmu ini hanyalah sebuah washilah (perantara dari sebuah tujuan). Kita sering mendengar kaidah, “lil wasail hukmul maqasid” hukum sebuah perantara adalah hukum dari tujuannya”.
Jika ilmu Thib digunakan untuk hal-hal yang baik seperti memisahkan pelakor dan selingkuhannya maka tentu hukumnya mubah bahkan dianggap ibadah. Namun jika sebaliknya, jika digunakan untuk memisahkan antara keluarga yang lagi sayang-sayangnya, tentu sangat diharamkan.
Istilah kata nih, ilmu thib itu seperti pisau. Kalau dipegang penjual daging akan jadi maslahat, kalau dipegang begal, akan jadi madharat.
3. Azimat atau Doa yang digunakan berasal dari sumber yang tidak berlawanan dengan syariat.
وكل عزيمة مقروة أو مكتوبة إن كان فيه إسم لايعرف معناه فهي محرمة الكتابة والقراءة سواء في ذلك المصروع أوغيره, وإن كانت العزيمة أو الرقيا مشتملة على أسماء الله تعالى وأياته والأقسام به وبأنبيائه وملائكته جازت قراءتها على المصروع وغيره وكتابتها كذلك . إه
Ibnu Hajar al-Haitami dalam Fatawanya mengatakan bahwa, jika azimat (mantra) diambil dari nama-nama Allah, atau qosam yang diambil dari nama-nama Nabi dan Malaikat maka boleh hukumnya untuk diamalkan.
Jika ilmu thib tidak memenuhi syarat-syarat tersebut maka tentu hukum mempelajarinya akan dihukumi haram, karena akan menyebabkan darar (resiko).